Aplikasi Spreadsheet

Minggu, 14 September 2008 at 16:47 2 komentar

Perangkat lunak yang dapat disebut sebagai aplikasi spreadsheet pertama untuk PC (personal computer) adalah VisiCalc. Perangkat lunak yang diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an ini sudah menggunakan antarmuka pengguna yang interaktif, karena berdasarkan pada konsep WYSIWYG (What You See is What You Get). VisiCalc biasa digunakan pada komputer Apple II.

Setelah VisiCalc, aplikasi spreadsheet yang juga terkenal adalah Lotus 1-2-3. Perangkat lunak ini diperkenalkan pada awal tahun 1980-an dan menjadi aplikasi spreadsheet nomor satu pada zamannya, karena memiliki tampilan dan performa yang lebih baik daripada Visicalc. Lotus 1-2-3 biasa digunakan pada IBM PC dengan menggunakan sistem operasi DOS (Diskette Operating System).

Pada awal tahun 1990-an, munculnya Microsoft Windows menggantikan kejayaan DOS dalam hal sistem operasi. Demikian pula halnya dengan aplikasi spreadsheet, Microsoft memperkenalkan Excel yang sampai sekarang masih menjadi aplikasi spreadsheet yang mendominasi di seluruh dunia.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi aplikasi spreadsheet yang cukup terkenal selain ketiga perangkat lunak tersebut. Diantaranya adalah Apple Numbers, produk dari Apple Inc. yang bekerja pada sistem operasi Mac OS. Kemudian ada OpenOffice.org Calc, suatu perangkat lunak gratisan alias freeware buatan Sun Microsystems yang tidak kalah hebatnya dengan Microsoft Excel.

Selain itu, masih banyak lagi perangkat lunak yang lainnya, baik yang berbayar seperti Mariner Calc dari Mariner Software dan Mesa dari P&L Software (keduanya hanya bekerja pada sistem operasi Mac OS), maupun yang gratisan seperti Gnumeric dari GNOME Office Team dan KSpread dari KOffice KSpread Team (keduanya dapat bekerja pada lima macam sistem operasi, yaitu Microsoft Windows, Mac OS, Linux, BSD dan Unix). Sebagai catatan, seluruh perangkat lunak tersebut di atas mendukung fasilitas impor dan ekspor file spreadsheet dengan format file yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, yaitu format XLS milik Microsoft Excel.

Ada pula beberapa perangkat lunak yang termasuk kategori spreadsheet viewer. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk membuka suatu file spreadsheet, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mengolah file spreadsheet. Contohnya adalah Columbus Viewer dan Lotus KeyView yang gratis serta ExcelExplorer yang berbayar.

Kemudian ada lagi spreadsheet comparison tools, yang berfungsi untuk membandingkan data dari dua file spreadsheet yang berbeda. Perangkat lunak ini sangat berguna bila kedua file spreadsheet yang dibandingkan tersebut berisi lembar kerja yang besar dan kompleks, serta memiliki data yang identik atau mirip. Beberapa perangkat lunak yang termasuk golongan spreadsheet comparison tools antara lain adalah perangkat lunak gratisan yang bernama Spreadsheet Compare dari sourceforge.net serta perangkat lunak berbayar Compare Excel Files dari Spreadsheet Advantage, Synkronizer dari Synkronizer dan Spreadsheet Professional dari Miricle Solutions.

Entry filed under: Spreadsheet. Tags: .

Sekilas Tentang Spreadsheet Pesan Dari Tahun 2070

2 Komentar Add your own

  • 1. franz  |  Selasa, 14 Desember 2010 pukul 7:59

    good….

    Balas
  • 2. kAERUL aNJAS mAULANA  |  Selasa, 17 Januari 2012 pukul 22:07

    Terima Kasih …………………karena Sudah Membantu PR saya ……..

    BY : SMPN 1 Cantigi INDRAMAYU is My School……….

    BY : G2B2 a.k.a JITU BITU

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


September 2008
S S R K J S M
    Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 7,956 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: